Bangun Dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam

Perkembangan Islam pada masa modern dimulai dari tahun 1800 dan berlangsung hingga kini yang ditandai dengan gerakan pembaruan dalam banyak sekali bidang.

Tokoh-tokoh yang memelopori gerakan pembaruan Islam, antara lain; Muhammad bin Abdul Wahab, Syah Waliyullah, Muhammad Ali Pasya, Al-Tahtawi, Jamaludin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida, Sayyid Ahmad Khan, dan Sultan Mahmud II.

A. Islam Masa Modern (1800 – sekarang)
Kebangkitan umat Islam disebabkan oleh adanya benturan antara kekuatan Islam dengan kekuatan Eropa. Kesadaran tersebut menciptakan penguasa dan pejuang-pejuang Turki tergugah untuk berguru dari Eropa. Kerajaan Turki mengadakan suatu gerakan pembaharuan dengan mengevaluasi yang menjadi penyebab mundurnya Islam dan mencari ide-ide pembaharuan dan ilmu pengetahuan dari Barat

Benih pembaharuan dunia Islam telah muncul sekitar kala XIII M. ketika lahirlah Taqiyudin Ibnu Taimiyah, dengan menerima dukungan muridnya Ibnu Qoyyim al Jauziyah (691‒751). Mereka ingin mengembalikan pemahaman keagamaan umat Islam kepada pemahaman dan pengamalan Rasulullah saw.

Gerakan salaf ini kemudian menjadi ciri gerakan pembaharuan dalam dunia Islam yang memiliki ciri sebagai berikut.
  1. Memberi ruang dan peluang ijtihad di dalam banyak sekali kajian keagamaan yang berkaitan dengan muamalah duniawiyah.
  2. Tidak terikat secara mutlak dengan pendapat ulama-ulama terdahulu.
  3. Memerangi orang-orang yang menyimpang dari aqidah kaum salaf ibarat kemusyrikan, khurafat, bid’ah, taqlid, dan tawasul.
  4. Kembali kepada al-Qur’ān dan As-Sunnah sebagai sumber utama pedoman Islam.

Secara garis besar isi pemikiran Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qoyyim antara lain mengadakan pembaharuan dalam bidang agama, sosial, dan ekonomi, memberantas takhayul dan bid’ah, menghilangkan paham fatalisme, menghilangkan paham salah yang dibawa oleh tarekat tasawuf, meningkatkan mutu pendidikan dan membela umat Islam terhadap permainan politik negara Barat.

B. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Dunia Islam Masa Modern

1. Muhammad bin Abdul Wahab
Muhammad bin Abdul Wahab (1703-1787) lahir di Uyainah, Nejd, Arab Saudi. Pemikiran yang dicetuskan beiau sebagai reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat di kalangan umat Islam di waktu itu. Muhammad bin Abd Wahhab memusatkan perhatian pada tauhid dia beropini ibarat berikut.
  1. Yang boleh dan harus disembah hanyalah Allah Swt., dan orang yang menyembah selain Allah Swt. telah menjadi musyrik dan boleh dibunuh.
  2. Kebanyakan orang Islam bukan lagi penganut paham tauhid yang bekerjsama lantaran mereka meminta pertolongan bukan lagi dari Allah, tetapi dari syekh atau wali dari kekuatan gaib. Orang Islam demikian juga telah menjadi musyrik.
  3. Menyebut nama nabi, syekh, atau malaikat sebagai mediator dalam doa juga merupakan syirik.
  4. Meminta syafa’at selain dari kepada Allah Swt. yaitu juga syirik.
  5. Bernazar kepada selain dari Allah Swt. juga syirik.
  6. Memperoleh pengetahuan selain dari al-Qur’ān, hadis dan qias (analogi) merupakan kekufuran.
  7. Tidak percaya kepada qada dan qadar Allah Swt. juga merupakan kekufuran.
  8. Demikian pula menafsirkan al-Qur’ān dengan ta’w³l (interpretasi bebas)
  9. adalah kufur.

Pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abd Wahhab yang memiliki imbas pada perkembangan pemikiran pembaharuan di kala ke-19 antara lain ibarat berikut.
  1. Hanya al-Qur’ān dan hadislah yang merupakan sumber orisinil dari ajaran-ajaran Islam. Pendapat ulama tidak merupakan sumber.
  2. Taklid kepada ulama tidak dibenarkan.
  3. Pintu ijtihad terbuka dan tidak tertutup.

2. Syah Waliyullah
Syah Waliyullah dilahirkan di Delhi pada tanggal 21 Februari 1703 M. Beliau gemar menulis buku dan banyak meninggalkan karya-karyanya, di antaranya buku Hujjatullāh Al-Baligah dan Fuyun Al-Haramain. Penerjemahan al-Qur’ān ke dalam bahasa Persia disempurnakan Syah Waliyullah di tahun 1758.

Di antara penyebab yang membawa kepada kelemahan dan kemunduran umat Islam berdasarkan pemikirannya yaitu sebagai berikut.
  1. Terjadinya perubahan sistem pemerintahan Islam dari sistem kekhalifahan menjadi sistem kerajaan.
  2. Sistem demokrasi yang ada dalam kekhalifahan diganti dengan sistem monarki absolut.
  3. Perpecahan di kalangan umat Islam yang disebabkan oleh banyak sekali kontradiksi aliran dalam Islam.
  4. Adat istiadat dan pedoman bukan Islam masuk ke dalam dogma umat Islam.

3. Muhammad Ali Pasya
Muhammad Ali Pasya lahir di Kawala, Yunani pada tahun 1765 M yaitu seorang keturunan Turki dan meninggal di Mesir pada tahun 1849 M. Ide dan gagasan Muhammad Ali Pasya yang sangat inovatif pada zamannya antar lain bahwa, untuk mendirikan sekolah-sekolah modern dan memasukkan ilmu-ilmu modern dan sains ke dalam kurikulum serta mendirikan sekolah modern di samping madrasah-madrasah tradisional yang telah ada pada masa itu masih tetap berjalan.

4. Al-Tahtawi
Rifa’ah Baidawi Rafi’ Al-Tahtawi demikian nama lengkapnya. Ia lahir pada tahun 1801
M di Tahta, Mesir potongan selatan dan meninggal di Kairo pada tahun 1873 M. Beberapa pemikirannya perihal pembaruan Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal hidup di dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia.
  2. Kekuasaan raja yang diktatorial harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan kaum intelektual.
  3. Syariat harus diartikan sesuai dengan perkembangan modern.
  4. Kaum ulama harus mempelajari filsafat dan ilmu pengetahuan modern semoga syariat sanggup mengikuti keadaan dengan kebutuhan masyarakat modern.
  5. Pendidikan harus bersifat universal, contohnya perempuan harus memperoleh pendidikan yang sama dengan kaum pria. Istri harus menjadi teman dalam kehidupan intelektual dan sosial.
  6. Umat Islam harus dinamis dan meninggalkan sifat statis.

5. Jamaludin Al-Afgani
Jamaludin lahir di Afghanistan pada tahun 1839 dan meninggal dunia di Istambul pada tahun 1897. Beberapa pemikiran Jamaludin Al-Afgani perihal pembaruan Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Kemunduran umat Islam tidak disebabkan lantaran Islam tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan perubahan kondisi. Kemunduran itu disebabkan oleh banyak sekali faktor.
  2. Untuk mengembalikan kejayaan pada masa kemudian dan sekaligus menghadapi dunia modern, umat Islam harus kembali kepada pedoman Islam yang murni dan Islam harus dipahami dengan nalar serta kebebasan.
  3. Corak pemerintahan otokrasi dan diktatorial harus diganti dengan pemerintahan demokratis. Kepala negara harus bermusyawarah dengan pemuka masyarakat yang berpengalaman.
  4. Tidak ada pemisahan antara agama dan politik. Pan Islamisme atau rasa solidaritas antarumat Islam harus dihidupkan kembali.

6. Muhammad Abduh
Muhammad Abduh dilahirkan di Mesir pada tahun 1849 M. Adapun ide-ide pembaruan Muhammad Abduh yang membawa dampak faktual bagi pengembangan pemikiran Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Pembukaan pintu ijtihad. Menurut Muhammad Abduh, ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali pedoman Islam.
  2. Penghargaan terhadap akal. Islam yaitu pedoman rasional yang sejalan dengan nalar lantaran dengan akal, ilmu pengetahuan akan maju.
  3. Kekuasaan negara harus dibatasi oleh konstitusi yang telah dibentuk oleh negara yang bersangkutan.

7. Rasyid Rida
Rasyid Rida yaitu murid Muhammad Abduh yang terdekat. Ia lahir pada tahun 1865 di Al-Qalamun, suatu desa di Lebanon. Beberapa pemikiran Rasyid Rida perihal pembaruan Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Sikap aktif dan dinamis di kalangan umat Islam harus ditumbuhkan.
  2. Umat Islam harus meninggalkan sikap dan pemikiran kaum Jabariyah.
  3. Akal sanggup dipergunakan untuk menafsirkan ayat dan hadis tanpa meninggalkan prinsip umum.
  4. Umat Islam menguasai sains dan teknologi jikalau ingin maju.
  5. Kemunduran umat Islam disebabkan banyaknya unsur bid’ah dan khurafat yang masuk ke dalam pedoman Islam.
  6. Kebahagiaan dunia dan alam abadi diperoleh melalui aturan yang diciptakan Allah Swt.
  7. Perlu menghidupkan kembali sistem pemerintahan khalifah.
  8. Khalifah yaitu penguasa di seluruh dunia Islam yang mengurusi bidang agama dan politik.
  9. Khalifah haruslah seorang mujtahid besar dengan dukungan para ulama dalam menerapkan prinsip aturan Islam sesuai dengan tuntutan zaman.

8. Sayyid Ahmad Khan
Sayyid Ahmad lahir di Delhi pada tahun 1817 dan berdasarkan keterangan berasal dari keturunan Husein, cucu Nabi Muhammad melalui Fatimah dan Ali. Neneknya, Sayyid Hadi, yaitu pembesar istana di zaman Alamghir II (1754‒1759). Pemikiran Sayyid Ahmad Khan perihal pembaruan Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Kemunduran umat Islam disebabkan tidak mengikuti perkembangan zaman dengan cara menguasai sains dan teknologi.
  2. Ia berpendirian bahwa insan bebas berkehendak dan berbuat sesuai dengan sunatullah yang tidak berubah. Gabungan kemampuan akal, kebebasan insan berkehendak dan berbuat, serta aturan alam inilah yang menjadi sumber kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
  3. Sumber pedoman Islam hanyalah al-Qur’ān dan hadis.
  4. Ia menentang taklid dan perlu adanya ijtihad sehingga umat Islam sanggup berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
  5. Ia beropini satu-satunya cara untuk mengubah teladan pikir umat Islam dari keterbelakangan yaitu pendidikan.

9. Sultan Mahmud II
Sultan Mahmud II lahir pada tahun 1785 dan diangkat menjadi Sultan pada tahun 1807 dan
meninggal pada tahun 1839. Sultan Mahmud II banyak melaksanakan gerakan pembaruan dalam dunia Islam, yaitu sebagai berikut.
Perkembangan Islam pada masa modern dimulai dari tahun  Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam
  1. Menerapkan sistem demokrasi dalam pemerintahannya.
  2. Menghapus pengultusan sultan yang dianggap suci oleh rakyatnya.
  3. Memasukkan kurikulum umum ke dalam lembaga-lembaga pendidikan madrasah
  4. Mendirikan sekolah Maktebi Ma’arif yang mempersiapkan tenaga-tenaga administrasi, dan Maktebi Ulum’i edebiyet yang mempersiapkan tenagatenaga hebat penerjemah.
  5. Mendirikan sekolah kedokteran, militer dan teknik.

10. Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal berasal dari keluarga golongan menengah di.Punjab dan lahir di Sialkot pada tahun 1876.  Pada tahun 1905, beliau  masuk ke Universitas Cambridge. Kemudian ia pindah ke Munich di Jerman, dan di sinilah ia memperoleh gelar Ph.D. dalam tasawuf. Tesis doktoral yang diajukannya berjudul: The Development of Metaphysics in Persia (Perkembangan Metafisika di Persia).

Muhammad Iqbal yaitu penyair dan filosof. Tetapi, pemikirannya mengenai kemunduran dan kemajuan umat Islam memiliki imbas pada gerakan pembaruan dalam Islam. Pemikiran Muhammad Iqbal perihal pembaruan Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Ijtihad memiliki kedudukan penting dalam pembaruan Islam dan pintu ijtihad tetap terbuka.
  2. Umat Islam perlu membuatkan sikap dinamisme. Dalam syiarnya, ia mendorong umat Islam untuk bergerak dan jangan tinggal diam.
  3. Kemunduran umat Islam disebabkan oleh kebekuan dan kejumudan dalam berpikir.
  4. Hukum Islam tidak bersifat statis, tetapi sanggup berkembang sesuai perkembangan zaman.
  5. Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi yang dimiliki Barat.
  6. Perhatian umat Islam terhadap zuhud mengakibatkan kurangnya perhatian terhadap masalah-masalah keduniaan dan sosial kemasyarakatan.

C. Menerapkan Perilaku Mulia
Ada beberapa sikap yang sanggup dijadikan cerminan terhadap penghayatan akan sejarah perkembangan Islam pada masa pembaruan ini. Hal-hal tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Menyikapi kejadian masa kemudian dengan sikap sabar dan menanamkan jihad yang sesuai dengan pedoman al-Qur’ān dan hadis.
  2. Menjadikan sumber ide untuk menciptakan langkah-langkah inovatif semoga kehidupan insan menjadi tenang dan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat.
  3. Memotivasi diri terhadap masa depan semoga memperoleh kemajuan serta mengupayakan semoga sejarah yang mengandung nilai negatif atau kurang baik tidak akan terulang kembali.
  4. Membangun masa depan berdasarkan pijakan-pijakan yang telah ada di masa kemudian sehingga sanggup membangun negara senantiasa menjadi baldatun tayyibatun wa rabbun gafūr atau negara yang baik dan menerima ampunan dari Allah Swt.
  5. Ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pembaruan cukup canggih dan menakjubkan sehingga melalui proses berguru akan sanggup diperoleh kemajuan yang lebih baik bagi generasi-generasi muslim di masa depan.
  6. Mencari upaya antisipasi semoga kekeliruan yang mengakibatkan kegagalan di masa kemudian tidak terulang di masa yang akan datang.
  7. Dalam sejarah, dikemukakan pula dilema sosial dan politik yang terdapat di kalangan bangsa-bangsa terdahulu. Semua itu semoga menjadi perhatian dan menjadi pelajaran ketika menghadapi permasalahan yang mungkin akan terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel