Download Rujukan Laporan Pigp (Program Induksi Guru Pemula)

PIGP (PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA) 
Program Induksi Guru Pemula (PIGP) ialah kegiatan orientasi, training di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan  banyak sekali permasalahan dalam proses pembelajaran/bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya. Guru pemula ialah guru yang gres pertama kali ditugaskan melakukan proses pembelajaran/bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah  daerah, atau masyarakat.

A. Tujuan PIGP
Pelaksanaan PIGP bertujuan untuk  membimbing guru pemula supaya dapat:
a) mengikuti keadaan dengan iklim kerja dan budaya sekolah; dan
b) melakukan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah.

B.   Manfaat PIGP Terkait dengan Status Kepegawaian
Program induksi dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru bagi guru pemula yang berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain.  Bagi guru pemula yang berstatus bukan PNS, PIGP dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan guru tetap.

C. Prinsip Penyelenggaraan PIGP
Program induksi guru pemula diselenggarakan menurut prinsip:
1) keprofesionalan: penyelenggaraan aktivitas yang didasarkan pada instruksi etik profesi,   sesuai bidang tugas;
2) kesejawatan: penyelenggaraan atas dasar relasi kerja dalam tim;
3) akuntabel: penyelenggaraan yang sanggup dipertanggungjawabkan kepada publik; dan
4) berkelanjutan: dilakukan secara terus menerus dengan selalu mengadakan perbaikan atas hasil sebelumnya.

D. Peserta PIGP
Peserta PIGP adalah:
a) guru pemula berstatus CPNS yang ditugaskan pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pemerintah  daerah;
b) guru pemula berstatus PNS mutasi dari jabatan lain; atau
c) guru pemula  bukan PNS yang ditugaskan pada sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

D. Hak Guru Pemula
Guru pemula berhak:
1)    memperoleh bimbingan dalam hal:
2)    perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses dan hasil pembelajaran, bagi guru kelas dan guru mata pelajaran;
3)    perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil proses bimbingan dan konseling, bagi guru bimbingan dan konseling;
4)    pelaksanaan kiprah lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
5)    memperoleh salinan lembar hasil observasi pembelajaran yang telah ditandantangani oleh      pembimbing atau kepala sekolah dan pengawas sekolah.
6)    memperoleh tunjangan dari sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
7)    memperoleh laporan hasil penilaian kinerja guru pemula;
8)    memperoleh akta bagi guru pemula yang telah menuntaskan PIGP dengan nilai kinerja paling kurang kategori baik.

E. Kewajiban Guru Pemula
Guru pemula mempunyai kewajiban:
1)    merencanakan, melakukan pembelajaran/bimbingan dan konseling yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran/bimbingan dan konseling, serta melakukan perbaikan dan pengayaan;
2)    melaksanakan pembelajaran antara 12 (dua belas) hingga 18 (delapan belas) jam tatap muka per ahad bagi guru mata pelajaran/guru kelas, atau beban bimbingan antara 75 (tujuh puluh lima) hingga 100 (seratus) penerima didik bagi guru bimbingan dan konseling.

F. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Program Indiksi guru pemula dilaksanakan di satuan pendidikan tempat guru pemula bertugas selama 1 (satu) tahun dan sanggup diperpanjang paling usang 1 (satu) tahun.

G. Tanggung Jawab Pihak Terkait dalam PIGP
Pihak yang terkait dalam pelaksanaan PIGP ialah guru pembimbing, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.


H. Sistematika Laporan PIGP

Laporan hasil pelaksanaan aktivitas induksi yang di susun oleh kepala sekolah/madrasah mencakup :

1. Data sekolah/madrasah dan waktu pelaksanaan aktivitas induksi;
a. Identitas Sekolah

Nama Sekolah
:

NIS
:

Status Sekolah
:

Alamat Sekolah
:

Kecamatan        
;

Kabupaten/Kota
:

Propinsi             
:

Nama Kepala Sekolah
:


b. Waktu Pelaksanaan Program Induksi
No
Tahap kegiatan
Waktu Pelaksanaan
1.
Persiapan

2.
Perencanaan

3.
Pembimbingan

4.
Penilaian
Penilaiam tahap 1
Penilaian tahap 2

5.
Pelaporan


2. Data guru pemula penerima aktivitas induksi;
Identitas Guru Pemula
Nama Guru
:

NIP
:

Tempat/Tgl Lahir
:

Pendidikan terakhir
Program/Jurusan
Perguruan Tinggi
:
:
:
                                                (diploma, S1, S2, S3)

Status Pegawai
:

Golongan
:

Guru Bidang Studi
:



3. Deskripsi pelaksanaan pembimbingan oleh pembimbing;
Mendeskripsikan proses pembimbingan oleh pembimbing yang secara reguler dilakukan dari bulan ke-2 hingga bulan ke-9 minimal sebanyak 6 kali, yang mencakup :
a. Tahap  Persiapan Pembimbingan
Mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan guru pembimbing pada tahap persiapan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang dipakai pada tahap persiapan, meliputi:
1)  Silabus
2)  RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3)  Program Tahunan
4)  Program Semesteran
5)  Pelaksanaan proses pembelajaran
6)  Penilaian hasil pembelajaran
7)  Pengawasan proses pembelajaran
b. Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Mendeskripsikan Proses Observasi Pembelajaran yang dilakukan seminggu sekali selama 9 bulan (. Proses  observasi  yang digambarkan meliputi;  kegiatan pra  observasi,  kegiatan observasi dan kegiatan pasca observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
1) Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah Lembar Refleksi Pembelajaran   yang dipakai oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
2) Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah Lembar Refleksi Pembelajaran   yang dipakai oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
3)  catatan dan rekomendasi guru pembimbing pasca observasi

4. Deskripsi pelaksanaan pembimbingan oleh kepala sekolah dan pengawas;
a) Tahap  Persiapan Pembimbingan
Deskripsikan kegiatan yang dilakukan kepala sekolah pada tahap persiapan dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang dipakai pada tahap persiapan, meliputi:
1) Silabus
2) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3) Program Tahunan
4) Program Semesteran
5) Pelaksanaan proses pembelajaran
6) Penilaian hasil pembelajaran
7) Pengawasan proses pembelajaran
b) Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Deskripsikan tahapan Proses Observasi Pembelajaran yang meliputi;  kegiatan pra  observasi,  kegiatan observasi dan kegiatan pasca observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
1) Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah dan Lembar Refleksi Pembelajaran   yang dipakai oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
2) Dokumen Lembar penilaian Observasi Pembelajaran  Kepala Sekolah/Madrasah dan Lembar Refleksi Pembelajaran   yang dipakai oleh   guru pemula sebelum pada kegiatan pra  observasi.
3)  catatan dan rekomendasi kepala  sekolah/madrasah pasca observasi
4)  persetujuan Kepala sekolah/madrasah dan guru pemula yang dibuktikan dengan petandatangan persetujuan kedua belah pihak.

5. Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula yang menyatakan kategori Nilai Kinerja Guru Pemula (Amat Baik, Baik, Cukup, Sedang dan Kurang), ditandatangani Kepala Sekolah/Madrasah dan pengawas sekolah/madrasah;

CONTOH LAPORAN PIGP (PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA) 



BERIKUT INI DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PIGP

DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PIGP VERSI YOGYA (DISINI)

DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PIGP VERSI SLEMAN (DISINI)

DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PIGP VERSI MALANG (DISINI)


CONTOH LAPORAN PIGP (PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA) LENGKAP BOJONEGORO DISINI)

CONTOH LAPORAN PIGP (PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA) LENGKAP MAGELANG  (DISINI)

Demikian isu tentang  CONTOH LAPORAN PIGP. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru yang sedang melakukan aktivitas induksi guru pemula.


==================================





= Baca Juga =



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel