Kisi-Kisi Un (Unbk) Bahasa Indonesia Sma Jadwal Ipa Tahun 2019 Perbutir Soal
Berikut ini prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Program IPA Tahun 2019 Perbutir Soal menurut hasil bedah Kisi-kisi UN Sekolah Menengan Atas Tahun 2018/2019. Semoga contoh prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Program IPA Tahun 2019 Perbutir Soal sanggup membantu para siswa Sekolah Menengan Atas dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang pada umumnya akan dilaksanakan dengan moda UNBK.
PERKIRAAAN KISI-KISI UN Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
(HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program : IPA
No Urut. | Indikator Yang Diuji | |
1. MEMBACA NONSASTRA | ||
1 | Menentukan kalimat utama paragraf pada paragraf padu (teks laporan hasil observasi) | |
2 | Menentukan makna istilah dalam paragraf pada paragraf padu | |
3 | Menentukan kalimat penjelas yang tidak padu pada sebuah paragraf | |
4 | Menentukan isi paragraf dg kata tanya mengapa/bagaimana pd paragraf tidak padu | |
5 | Menentukan kalimat fakta pada sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta | |
6 | Menentukan wangsit pokok paragraf pada paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku | |
7 | Menentukan tujuan penulis yg diungkapkan dlm paragraf padu yg di dalamnya ada penggunaan kt tidak baku | |
8 | Menentukan kalimat yg memakai kata tidak baku pada paragraf padu yang ada penggunaan kata tidak baku | |
9 | Menentukan yg dpt diteladani dr tokoh pd paragraf kutipan biografi toko | |
10 | Menentukan isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) | |
11 | Menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan pada kutipan tajuk rencana | |
12 | Menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan pada kutipan tajuk rencana | |
13 | Menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh pola pada paragraf yang memakai kata acuan | |
14 | Menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks pada dua kutipan teks ulasan/artikel | |
15 | Menentukan inti kalimat pada kalimat luas/majemuk | |
2. MEMBACA SASTRA | ||
16 | Menentukan makna kata berlambang dalam teks pada paragraf kutipan cerpen/novel | |
17 | Menentukan kalimat yang berupa majas pada paragraf kutipan cerpen/novel | |
18 | Menentukan pendeskripsian tabiat tokoh pada paragraf kutipan cerpen/novel | |
19 | Menentukan latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan pada kutipan cerpen/novel | |
20 | Menentukan konflik/masalah dalam kutipan yang disajikan. | |
21 | Menentukan pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu pada kutipan cerpen/novel | |
22 | Menentukan nilai-nilai tertentu dalam kehidupan ketika ini pada kutipan cerpen/novel | |
23 | Menentukan amanat yang terkandung pada kutipan cerpen/novel | |
24 | Menentukan persamaan/perbedaan permasalahan/hal yang diungkapkan dalam kutipan dua teks | |
25 | Menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini | |
26 | Menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam pada sebait gurindam | |
27 | Menentukan resensi pd kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang mengunggulkan cerita | |
28 | Menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan pada kutipan cerpen/novel | |
3. MENULIS TERBATAS | ||
29 | Menentukan urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu pada kalimat acak | |
30 | Menentukan kalimat argumentasi yg logis untuk mendukung pendapat tersebut pd sebuah kalimat pendapat | |
31 | Menentukan kalimat final untuk melengkapi pada paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya | |
32 | Menentukan peribahasa yang bermakna sama dengan isi narasi/ilustrasi pada paragraf narasi/ilustrasi | |
33 | Menentukan ungkapan yang semakna dengan pernyataan dalam narasi/ilustrasi pada paragraf naratif | |
34 | Menentukan paragraf dg kalimat deskripsi yg sempurna pd paragraf yg dirumpangkan salah satu kalimat | |
35 | Kalimat final yang padu untuk melengkapi pada paragraf induktif yang dirumpangkan | |
36 | Larik yang sempurna untuk melengkapi pada puisi berupa pantun yang bab isi dirumpangkan | |
37 | Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pada paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimat | |
38 | Kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi pada sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
39 | Kata penghubung temporal yang sempurna untuk melengkapi pada paragraf yang belum lengkap | |
40 | Kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapi pada paragraf yang dirumpangkan dalam kalimat | |
41 | Kata ulang yang sempurna pada paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya | |
42 | Kalimat padu untuk memperbaiki pada paragraf yang kalimatnya rancu/tidak padu | |
43 | Frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaiki pada paragraf deskripsi | |
44 | Menentukan cara perbaikan kalimat pada paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif | |
45 | Menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang sempurna pada sebuah paragraf | |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
46 | Menentukan kata baku untuk memperbaiki 3 kata yg tidak baku dlm paragraf | |
47 | Menentukan kata serapan baku utk memperbaiki pd paragraf yg di dlmnya terdapat 3 kt serapan yg salah penulisan | |
48 | Menentukan perbaikan penulisan judul buku yg sesuai ejaan bahasa Indonesia pada gambaran paragraf | |
49 | Menentukan kalimat yang salah tanda baca pada beberapa kalimat | |
50 | Menentukan kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat |
Link download Prakiraan Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Program IPA Tahun 2019 Perbutir Soal.
Demikian isu perihal Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Program IPA Tahun 2019 Perbutir Soal hasil bedah kisi-kisi UN Sekolah Menengan Atas Tahun Pelajaran 2018/2019 Semoga bermanfaat, terima kasih.