Pembelajaran 4 Subtema 3 Mencintai Tumbuhan
Ayo Membaca
Hari Minggu ialah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga sanggup bekerja sama dalam melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada dikala hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.
Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan kiprah masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.
Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya ialah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah biar tetap higienis dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.
Kewajiban belum dewasa yaitu berguru dan membantu melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang sanggup dilakukan belum dewasa yaitu merapikan mainan sehabis digunakan. Anak-anak sanggup juga membantu hal lainnya, menyerupai menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.
Selain mempunyai kewajiban, seluruh anggota keluarga juga mempunyai hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga mempunyai hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.
Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ialah suara sila kelima Pancasila.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Ayo Bercerita
Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia menerima kiprah untuk menyiram tumbuhan setiap sore. Biasanya Siti menyiram tumbuhan sehabis menyapu dan mengepel lantai. Apa yang menjadi tugasmu sehari-hari di rumah? Bagaimanakah perasaanmu dikala melaksanakan tugas? Ceritakanlah pengalamanmu dalam melaksanakan kiprah sehari-hari di rumah!
Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya akan melaksanakan acara wawancara. Mereka akan mewawancarai orang di sekitar sekolah perihal cara perawatan tanaman. Sebelum melaksanakan acara wawancara, mereka berguru menciptakan pertanyaan wawancara. Siti akan menciptakan daftar pertanyaan perihal cara perawatan tanaman. Kita bantu Siti menciptakan daftar pertanyaan, yuk!
Ayo Mencoba
Lakukanlah acara wawancara. Kamu sanggup melakukannya secara berkelompok.
Pada dikala istirahat siti dan teman-temannya menemui tukang kebun yang ada di sekolah mereka. Siti dan teman-temanya ingin menanyakan cara merawat tanaman. Siti menghampiri Pak Udin yang sedang merawat tumbuhan di halaman sekolah.
Setelah simpulan mewawancarai Pak Udin ketiganya berpamitan untuk kembali masuk kelas.
Ayo Bercerita
Presentasikanlah hasil wawancaramu di depan kelas!
Ayo Mencoba
Tanaman akan tumbuh sehat bila cukup menerima air dan sinar matahari. Manusia akan sehat kalau banyak bergerak atau berolahraga. Dengan bergerak maka peredaran darah dalam tubuh akan lancar. Peredaran darah yang lancar membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.
Permainan tapak gunung banyak melaksanakan gerakan. Dalam permainan ini dilakukan gerakan melompat, menekuk, dan memutar. Permainan tapak gunung menciptakan tubuh menjadi sehat.
Saat melaksanakan permainan tapak gunung ada beberapa perilaku yang perlu kita ingat. Sikap sportif dan sabar menunggu giliran perlu dilakukan. Saat memenangkan permainan, maka kita bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, dikala kalah kita berbesar hati mengakui kehebatan lawan. Jika semua hal itu dilakukan maka bermain tapak gunung akan bertambah seru.
Melakukan Permainan Tapak Gunung
Siti dan teman-temannya berkumpul di lapangan. Kegiatan olahraga hari ini akan melaksanakan acara tapak gunung.
Cara Bermain :
Hari Minggu ialah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga sanggup bekerja sama dalam melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada dikala hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.
Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan kiprah masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.
Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya ialah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah biar tetap higienis dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.
Kewajiban belum dewasa yaitu berguru dan membantu melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang sanggup dilakukan belum dewasa yaitu merapikan mainan sehabis digunakan. Anak-anak sanggup juga membantu hal lainnya, menyerupai menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.
Selain mempunyai kewajiban, seluruh anggota keluarga juga mempunyai hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga mempunyai hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.
Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ialah suara sila kelima Pancasila.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
- Apa sajakah kiprah dari ayah? Peran ayah dalam keluarga ialah sebagai kepala keluarga
- Selain kiprah yang telah disebutkan dalam teks, sebutkanlah kiprah ayah yang lain! Selian sebagai kepala keluarga ayah juga berperan mencari nafkah dan melindungi keluarga.
- Apa suara sila kelima Pancasila? Bunyi sila kelima Pancasila adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
- Sikap menjaga keseimbangan hak dan kewajiban ialah pengamalan sila kelima Pancasila. Tulislah satu hak dan satu kewajibanmu di rumah! Hak mendapatkan kasih sayang, Kewajiban: berguru dengan tekun.
- Sikap melaksanakan tugas-tugas di rumah merupakan pelaksanaan dari kewajiban. Tulislah daftar kiprah anggota keluargamu di rumah!
No. | Anggota Keluarga | Tugas |
---|---|---|
1. | Ayah | Merapikan daerah tidur |
2. | Ibu | Menyapu, mengepel |
3. | Aku | Membantu ibu mengepel lantai |
4. | Kakak | Membantu ayah merapikan daerah tidur |
Ayo Bercerita
Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia menerima kiprah untuk menyiram tumbuhan setiap sore. Biasanya Siti menyiram tumbuhan sehabis menyapu dan mengepel lantai. Apa yang menjadi tugasmu sehari-hari di rumah? Bagaimanakah perasaanmu dikala melaksanakan tugas? Ceritakanlah pengalamanmu dalam melaksanakan kiprah sehari-hari di rumah!
Aku menerima kiprah membantu ibu mengepel lantai. Lantai rumah biasanya dipel setiap tiga hari sekali atau kalau lantai sudah terlihat kotor. Aku bersama ibu membersihkan seluruh ruangan yang ada di rumah. Saat mengepel lantai bersama ibu saya merasa sangat bahagia alasannya ialah membantu meringankan tugasnya.
Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya akan melaksanakan acara wawancara. Mereka akan mewawancarai orang di sekitar sekolah perihal cara perawatan tanaman. Sebelum melaksanakan acara wawancara, mereka berguru menciptakan pertanyaan wawancara. Siti akan menciptakan daftar pertanyaan perihal cara perawatan tanaman. Kita bantu Siti menciptakan daftar pertanyaan, yuk!
- Apa saja jenis tumbuhan yang memerlukan perawatan?
- Siapa saja yang bertugas merawat tanaman?
- Mengapa tumbuhan perlu dirawat?
- Bagaimana cara merawat tumbuhan dengan baik?
- Kapan sebaiknya perawatan tumbuhan dilakukan?
Ayo Mencoba
Lakukanlah acara wawancara. Kamu sanggup melakukannya secara berkelompok.
Pada dikala istirahat siti dan teman-temannya menemui tukang kebun yang ada di sekolah mereka. Siti dan teman-temanya ingin menanyakan cara merawat tanaman. Siti menghampiri Pak Udin yang sedang merawat tumbuhan di halaman sekolah.
Siti | : | Selamat siang Pak Udin ! |
Pak Udin | : | Selamat siang, belum dewasa ! Ada yang sanggup saya bantu? |
Budi | : | Oh iya Pak Udin saya ingin menanyakan perihal cara merawat tanaman. Boleh kan Pak? |
Pak Udin | : | Silahkan, tanyakan saja. Apa saja yang ingin kalian ketahui perihal merawat tanaman? |
Edo | : | Begini Pak Udin, tumbuhan apa saja yang memerlukan perawatan? |
Pak Udin | : | Menurut saya sih, semua tumbuhan memerlukan perawatan biar tumbuh dengan baik. |
Siti | : | Kalau di sekolah ini siapa yang bertugas merawat tumbuhan Pak? |
Pak Udin | : | Tugas merawat tenaman merupakan kiprah semua warga sekolah. Namun, sayalah yang bertanggungjawab merawat tumbuhan yang ada di sekolah ini. |
Budi | : | Lalu mengapa tumbuhan perlu dirawat Pak? |
Pak Udin | : | Tanaman perlu dirawat biar sanggup tumbuh dengan baik sehingga sekolah akan semakin indah. |
Edo | : | Nah, kalau cara merawat |
Budi | : | Lalu mengapa tumbuhan perlu dirawat Pak?tanaman mawar bagaimana caranya Pak? |
Pak Udin | : | Agar tumbuhan mawar tumbuh dengan baik tentu perlu dipupuk dan disiram. |
Siti | : | Lalu kapan tumbuhan sebaiknya dirawat Pak? |
Pak Udin | : | Tanaman sebaiknya dirawat setiap hari. Misalnya saja disriam biar tumbuhan tidak layu. |
Siti | : | Wah terima kasih infomasinya Pak Udin. Kami jadi lebih tahu perihal cara merawat tanaman |
Pak Udin | : | Sama-sama nak, saya juga bahagia membantu kalian. |
Ayo Bercerita
Presentasikanlah hasil wawancaramu di depan kelas!
Ayo Mencoba
Tanaman akan tumbuh sehat bila cukup menerima air dan sinar matahari. Manusia akan sehat kalau banyak bergerak atau berolahraga. Dengan bergerak maka peredaran darah dalam tubuh akan lancar. Peredaran darah yang lancar membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.
Permainan tapak gunung banyak melaksanakan gerakan. Dalam permainan ini dilakukan gerakan melompat, menekuk, dan memutar. Permainan tapak gunung menciptakan tubuh menjadi sehat.
Saat melaksanakan permainan tapak gunung ada beberapa perilaku yang perlu kita ingat. Sikap sportif dan sabar menunggu giliran perlu dilakukan. Saat memenangkan permainan, maka kita bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, dikala kalah kita berbesar hati mengakui kehebatan lawan. Jika semua hal itu dilakukan maka bermain tapak gunung akan bertambah seru.
Melakukan Permainan Tapak Gunung
Siti dan teman-temannya berkumpul di lapangan. Kegiatan olahraga hari ini akan melaksanakan acara tapak gunung.
Cara Bermain :
- Semua pemain melaksanakan hompimpa untuk memilih siapa yang akan melaksanakan permainan pertama kali.
- Pemain pertama melompat dengan satu kaki dari kotak 1 hingga kotak atas, lalu kembali lagi untuk mengambil gaco di kotak satu dengan posisi kaki diangkat satu
- Pemain melempar gaco hingga ke kotak kedua, kalau hingga keluar ke kotak kedua pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
- Begitu seterusnya hingga semua kotak sudah dilempar dengan gaco
- Jika semua telah dilakukan pemain, maka pemain melemparkan gaco dengan membelakangi engkleknya. Jika pas pada kotak yang dikehendaki maka kotak itu menjadi rumahnya
- Jika semua kotak telah dimiliki oleh pemain maka permainan dinyatakan selesai
- Pemenang ialah pemain yang paling banyak mempunyai rumah dari kotak-kotak engklek yang digambar.