Pembelajaran 3 Subtema 1 Aneka Benda Di Sekitarku
Ayo Mengamati
Kertas di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.
Kayu yakni materi dasar untuk menciptakan kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara sedikit demi sedikit di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong sampai sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi materi lunak menyerupai bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring sampai kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling sampai pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.
Cobalah kau menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas beling menyerupai di kertas? Kertas mempunyai sifat sanggup menyerap air. Kertas sanggup menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kau tulis di kertas sanggup dibaca dengan jelas.
Perhatikan benda-benda di sekitarmu! Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!
Buku, Tisu, Gambar Presiden, dan lain-lain
Ayo Berdiskusi
Sebuah fakta menawarkan jikalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?
Udin dan teman-temannya beropini wacana menghemat kertas. Bacalah pendapat berikut!
Setiap tahun pedoman baru, saya meminta ibu membeli buku tulis baru. Sekarang, saya akan memakai buku lama. Buku usang yang halamannya belum terpakai. Jika ingin terlihat menyerupai baru, ganti saja sampulnya!
Kalau saya akan memanfaatkan kertas yang masih sanggup digunakan. Misalnya, memakai kertas di dua sisinya. Dengan demikian, tidak menghabiskan kertas banyak.
Saya sendiri tidak sanggup menghemat kertas sebanyak satu ton. Akan tetapi, bila setiap orang melaksanakan penghematan, niscaya berton-ton kertas sanggup dihemat. Asyik, bukan!
Diskusikan secara berkelompok. Apa yang sanggup kau lakukan untuk menghemat kertas? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu. Perhatikan penggunaan aksara besar dan tanda baca yang tepat!
Ayo Mencoba
Kamu telah membaca wacana di atas. Wacana wacana “Kertas di Sekitar Kita”. Carilah arti kata berikut dengan tepat! Kamu sanggup bertanya kepada gurumu. Kamu juga sanggup mencari di kamus Bahasa Indonesia.
Buatlah kalimat dengan memakai kosakata di atas!
Ayo Bernyanyi
Kertas sanggup dipakai untuk menulis. Apakah kertas juga sanggup dipakai untuk menciptakan alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa? Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan dipukul.
Kamu sanggup bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok menentukan dua jenis benda yang sanggup menghasilkan bunyi-bunyian.
Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Lagu ini telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Setiap kelompok akan menerima giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri!
Ayo Berdiskusi
Bahan dasar kertas yakni kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat
dipakai sebagai materi dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini!
Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon? Tinggi badanmu niscaya berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda sanggup diukur dengan alat ukur yang sama?
Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal bermacam-macam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.
Jawablah pertanyaan berikut!
Ayo Mencoba
Kamu sudah berdiskusi wacana alat ukur. Alat ukur yang sempurna untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan acara berikut ini!
1. Ukurlah tinggi tubuh lima orang temanmu di kelas!
2. Tuliskan kesannya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!
3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek sampai yang tertinggi!
Kertas di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.
Kayu yakni materi dasar untuk menciptakan kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara sedikit demi sedikit di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong sampai sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi materi lunak menyerupai bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring sampai kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling sampai pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.
Cobalah kau menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas beling menyerupai di kertas? Kertas mempunyai sifat sanggup menyerap air. Kertas sanggup menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kau tulis di kertas sanggup dibaca dengan jelas.
Perhatikan benda-benda di sekitarmu! Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!
Buku, Tisu, Gambar Presiden, dan lain-lain
Ayo Berdiskusi
Sebuah fakta menawarkan jikalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?
Udin dan teman-temannya beropini wacana menghemat kertas. Bacalah pendapat berikut!
Setiap tahun pedoman baru, saya meminta ibu membeli buku tulis baru. Sekarang, saya akan memakai buku lama. Buku usang yang halamannya belum terpakai. Jika ingin terlihat menyerupai baru, ganti saja sampulnya!
Kalau saya akan memanfaatkan kertas yang masih sanggup digunakan. Misalnya, memakai kertas di dua sisinya. Dengan demikian, tidak menghabiskan kertas banyak.
Saya sendiri tidak sanggup menghemat kertas sebanyak satu ton. Akan tetapi, bila setiap orang melaksanakan penghematan, niscaya berton-ton kertas sanggup dihemat. Asyik, bukan!
Diskusikan secara berkelompok. Apa yang sanggup kau lakukan untuk menghemat kertas? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu. Perhatikan penggunaan aksara besar dan tanda baca yang tepat!
- Gunakan kertas pada kedua sisi kertas.
- Menggunakan kertas daur ulang.
- Mengurangi penggunaan tisu.
- Menggunakan buku tulis usang yang halamannya belum terpakai.
Ayo Mencoba
Kamu telah membaca wacana di atas. Wacana wacana “Kertas di Sekitar Kita”. Carilah arti kata berikut dengan tepat! Kamu sanggup bertanya kepada gurumu. Kamu juga sanggup mencari di kamus Bahasa Indonesia.
No. | Kosa Kata Baru | Arti |
---|---|---|
1. | Selulosa | Selulosa yakni karbohidrat kompleks atau polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan. |
2. | Lunak | Lembut; empuk: |
3. | Molekul | Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia |
4. | Ampas | Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya |
5. | Pulp | Bubur kertas |
6. | Pipih | Tipis rata |
7. | Menyerap | Meresap, merembes |
8. | Kardus | Karton |
9. | Serat | Sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari binatang atau tumbuhan |
10. | Menggiling | Melumatkan (memipihkan) sesuatu |
Buatlah kalimat dengan memakai kosakata di atas!
- Selulosa ditemukan dalam jumlah besar di hampir semua tanaman.
- Singkong akan menjadi lunak sesudah direbus.
- Molekul merupakan bab terkecil dari senyawa.
- Ibu membuang ampas kopi ke daerah sampah.
- Pulp merupakan materi dasar pembuat kertas.
- Piring makan merupakan benda berbentuk pipih.
- Saat cuaca panas sebaiknya memakai baju yang menyerap keringat.
- Televisi gres biasanya dikemas dalam kardus.
- Serat kapas merupakan materi pembuat sandang.
- Para petani menggiling biji kopi yang sudah digoreng.
Ayo Bernyanyi
Kertas sanggup dipakai untuk menulis. Apakah kertas juga sanggup dipakai untuk menciptakan alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa? Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan dipukul.
Kamu sanggup bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok menentukan dua jenis benda yang sanggup menghasilkan bunyi-bunyian.
Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Lagu ini telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Setiap kelompok akan menerima giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri!
Ayo Berdiskusi
Bahan dasar kertas yakni kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat
dipakai sebagai materi dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini!
Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon? Tinggi badanmu niscaya berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda sanggup diukur dengan alat ukur yang sama?
Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal bermacam-macam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.
Jawablah pertanyaan berikut!
- Sebutkan satuan panjang yang telah kau ketahui! Meter, sentimeter, kilometer, desimeter.
- Tuliskan alat ukur yang sempurna untuk mengukur benda-benda berikut! Diskusikan bersama temanmu!
No. | Bagian yang Diukur | Alat Ukur Yang Digunakan |
---|---|---|
1. | Tinggi Badamu | Meteran Pita |
2. | Panjang lingkar pinggang | Meteran Pita |
3. | Panjang meja di kelas | Meteran Saku |
4. | Panjang lompatan sahabat kelompokmu | Meteran Rol |
5. | Lebar papan tulis di kelasmu | Meteran Saku |
6. | Panjang halaman sekolah | Meteran Rol |
Ayo Mencoba
Kamu sudah berdiskusi wacana alat ukur. Alat ukur yang sempurna untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan acara berikut ini!
1. Ukurlah tinggi tubuh lima orang temanmu di kelas!
2. Tuliskan kesannya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!
No. | Nama | Tinggi Badan (cm) |
---|---|---|
1. | Udin | 127 |
2. | Siti | 142 |
3. | Edo | 134 |
4. | Beni | 122 |
5. | Dayu | 138 |
No. | Nama | Tinggi Badan (cm) |
---|---|---|
1. | Siti | 142 |
2. | Dayu | 138 |
3. | Edo | 134 |
4. | Udin | 127 |
5. | Beni | 122 |