Pembelajaran 1 Subtema 1 Aneka Benda Di Sekitarku
Ayo Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kau melihat perbedaannya?
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga sanggup ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak sanggup ditimbang.
Ayo Mengamati
Kamu telah membaca wacana wacana benda. Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah pada gambar yang bukan termasuk benda!
Kamu sudah sanggup membedakan benda dan bukan benda. Perhatikanlah benda-benda di sekelilingmu! Benda-benda memiliki warna, bentuk, dan ukurannya tersendiri.
Benda-benda sanggup dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, contohnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
1. Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita memiliki bermacam-macam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
2. Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita memiliki bermacam-macam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.
3. Warna
Benda di sekitar kita memiliki bermacam-macam warna. Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!
Bersama kelompokmu, perhatikan bendabenda di sekitar kelasmu. Kelompokkan benda-benda
tersebut. Kamu boleh mengelompokkan berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna. Tuliskanlah alasan pengelompokan yang kau lakukan!
Ayo Berlatih
Kamu telah mempelajari wacana jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!
Ayo Mengamati
Apakah kau pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan berdasarkan fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.
Setiap alat ukur memiliki satuan. Satuan yang digunakan pada penggaris ialah cm. Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang yang kau ketahui pada kotak di bawah ini!
Ayo Berlatih
Bagaimana cara memakai penggaris untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu.
Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!
Ayo Mencoba
Benda sanggup dibentuk dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda sanggup menghasilkan suara yang khas kalau diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan suara yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari banyak sekali alat musik ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bernada, namun sanggup menghasilkan irama lagu. Ada banyak sekali macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa teladan alat musik ritmis.
Apakah kau pernah memainkan alat musik di atas? Selain memakai alat musik, kita sanggup memakai tepukan tangan untuk mengiringi lagu.
Mari kita berlatih menciptakan pola irama lagu. Caranya dengan memakai alat musik ritmis atau pun tepukan tangan. Berlatihlah memukul pola ketukan berirama memakai simbol berikut
Gunakan benda di sekitarmu untuk menghasilkan bunyi. Setiap benda sanggup menghasilkan suara yang berbeda-beda. Bersama kelompokmu buatlah pola irama sendiri. Tampilkan di depan kelas. Perhatikan pula bagaimana pola irama kelompok lain.
Ayo Berlatih
Ayo berlatih memakai tepukan untuk mengiringi lagu.
Banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu contohnya ialah alat musik ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bernada yang sanggup menghasilkan irama lagu.
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kau melihat perbedaannya?
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga sanggup ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak sanggup ditimbang.
Ayo Mengamati
Kamu telah membaca wacana wacana benda. Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah pada gambar yang bukan termasuk benda!
Kamu sudah sanggup membedakan benda dan bukan benda. Perhatikanlah benda-benda di sekelilingmu! Benda-benda memiliki warna, bentuk, dan ukurannya tersendiri.
Benda-benda sanggup dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, contohnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
1. Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita memiliki bermacam-macam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
2. Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita memiliki bermacam-macam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.
3. Warna
Benda di sekitar kita memiliki bermacam-macam warna. Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!
Bersama kelompokmu, perhatikan bendabenda di sekitar kelasmu. Kelompokkan benda-benda
tersebut. Kamu boleh mengelompokkan berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna. Tuliskanlah alasan pengelompokan yang kau lakukan!
Ayo Berlatih
Kamu telah mempelajari wacana jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!
Ayo Mengamati
Apakah kau pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan berdasarkan fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.
Setiap alat ukur memiliki satuan. Satuan yang digunakan pada penggaris ialah cm. Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang yang kau ketahui pada kotak di bawah ini!
km = Kilo MeterSatuan yang akan diukur memilih alat ukur yang digunakan. Selain itu benda yang akan kita ukur panjangnya juga memilih alat ukur yang digunakan. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang kelas akan berbeda dengan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi tubuh misalnya.
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
Ayo Berlatih
Bagaimana cara memakai penggaris untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu.
Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!
Ayo Mencoba
Benda sanggup dibentuk dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda sanggup menghasilkan suara yang khas kalau diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan suara yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari banyak sekali alat musik ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bernada, namun sanggup menghasilkan irama lagu. Ada banyak sekali macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa teladan alat musik ritmis.
Apakah kau pernah memainkan alat musik di atas? Selain memakai alat musik, kita sanggup memakai tepukan tangan untuk mengiringi lagu.
Mari kita berlatih menciptakan pola irama lagu. Caranya dengan memakai alat musik ritmis atau pun tepukan tangan. Berlatihlah memukul pola ketukan berirama memakai simbol berikut
Gunakan benda di sekitarmu untuk menghasilkan bunyi. Setiap benda sanggup menghasilkan suara yang berbeda-beda. Bersama kelompokmu buatlah pola irama sendiri. Tampilkan di depan kelas. Perhatikan pula bagaimana pola irama kelompok lain.
Ayo Berlatih
Ayo berlatih memakai tepukan untuk mengiringi lagu.
Banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu contohnya ialah alat musik ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bernada yang sanggup menghasilkan irama lagu.