Teori Berguru Sosial (Teori Pembelajaran Sosial)

Konsep  motivasi  belajar  berkaitan  erat  dengan  prinsip  bahwa  perilaku  yang  memperoleh penguatan(reinforcement)  di  masa  lalu  lebih  memiliki  kemungkinan  diulang  dibandingkan dengan  perilaku  yang  tidak  memperoleh  penguatan  atau  perilaku  yang  terkena  eksekusi (punishment).  Dalam  kenyataannya,  daripada  membahas  konsep  motivasi  belajar,  penganut teori  perilaku  lebih  memfokuskan  pada  seberapa  jauh  siswa  telah  belajar  untuk  mengerjakan pekerjaan  sekolah  dalam  rangka  mendapatkan  hasil  yang  diinginkan  (Bandura,  1986  dan Wielkeiwicks, 1995).
Dalam  dasawarsa  terakhir,  penganut  teori  konstruktivisme  memperluas  fokus  tradisionalnya pada pembelajaran individual ke dimensi pembelajaran kolaboratif dan sosial. Konstruktivisme sosial bisa dipandang sebagai perpaduan antara aspek-aspek dari karya Piaget dengan karya Bruner dan karya Vyangotsky. Istilah Konstruktivisme komunal dikenalkan oleh Bryn Holmes di tahun  2001.  Dalam  model  ini,  "siswa  tidak  hanya  mengikuti  pembelajaran  ibarat halnya  air mengalir  melalui  saringan  namun  membiarkan  mereka  membentuk  dirinya."  Dalam perkembangannya muncullah istilah Teori Belajar Sosial dari para pakar pendidikan. Pijakan  awal  teori  belajar   sosial  adalah  bahwa  manusia  belajar  melalui  pengamatannya terhadap  perilaku  orang  lain.  Pakar  yang  paling  banyak  melakukan  riset  teori  belajar  sosial ialah Albert Bandura dan Bernard Weiner. 

Meskipun  classical  dan  operant  conditioning  dalam  hal-hal  tertentu  masih  merupakan  tipe penting dari belajar, namun orang mencar ilmu wacana sebagian besar apa yang ia ketahui melalui observasi  (pengamatan).  Belajar  melalui  pengamatan  berbeda  dari  classical  dan  operant conditioning  karena  tidak  membutuhkan  pengalaman  personal  langsung  dengan  stimuli, penguatan  kembali,  maupun  hukuman.   Belajar   melalui  pengamatan  secara  sederhana melibatkan pengamatan sikap orang lain, yang disebut model, dan kemudian menggandakan sikap model tersebut. 
Baik  anak-anak  maupun  orang  dewasa  belajar  banyak  hal  dari  pengamatan  dan  imitasi (peniruan)  ini.  Anak  muda  belajar  bahasa,  keterampilan  sosial,  kebiasaan,  ketakutan,  dan banyak  perilaku  lain  dengan  mengamati  orang  tuanya  atau  anak  yang  lebih  dewasa.  Banyak orang  belajar  akademik,  atletik,  dan  keterampilan  musik  dengan  mengamati  dan  kemudian menirukan  gueunya.  Menurut  psikolog  Amerika  Serikat  kelahiran  Kanada  Albert  Bandura, aktivis dalam studi wacana mencar ilmu melalui pengamatan, tipe mencar ilmu ini memainkan kiprah yang penting  dalam  perkembangan  kepribadian  anak.

Bandura menemukan   bukti   bahwa   belajar   sifat-sifat   seperti  keindustrian,  keramahan, pengendalian  diri, keagresivan,  dan  ketidak  sabaran  sebagian  dari meniru  orang tua,  anggota keluarga lain, dan teman-temannya.


 tradisionalnya pada pembelajaran individual ke dimensi pembelajaran kolaboratif dan sosia TEORI BELAJAR SOSIAL (TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL)

Teori mencar ilmu sosial dikenalkan oleh Albert Bandura, yang mana konsep dari teori ini menekankan pada komponen kognitif dari pikiran, pemahaman dan evaluasi. Menurut Bandura, orang belajar melalui pengalaman pribadi atau pengamatan (mencontoh model)

Teori mencar ilmu sosial atau disebut juga teori observational learning adalah sebuah teori mencar ilmu yang relatif masih gres dibandingkan dengan teori-teori mencar ilmu lainnya. Berbeda dengan penganut Behaviorisme lainnya, Bandura memandang Perilaku individu tidak semata-mata refleks otomatis atas stimulus (S-R Bond), melainkan juga tanggapan reaksi yang timbul sebagai hasil interaksi antara lingkungan dengan denah kognitif individu itu sendiri. Prinsip dasar mencar ilmu berdasarkan teori ini, bahwa yang dipelajari individu terutama dalam belajar sosial dan moral terjadi melalui peniruan (imitation) dan penyajian teladan sikap (modeling). Teori ini juga masih memandang pentingnya conditioning. Melalui derma reward dan punishment, seorang individu akan berpikir dan memutuskan sikap sosial mana yang perlu dilakukan.

Dalam pandangan mencar ilmu sosial insan itu tidak didorong oleh kekuatan-kekuatan dari dalam dan juga tidak dipengaruhi oleh stimulus-stimulus lingkungan. Teori mencar ilmu sosial menekankan bahwa lingkungan-lingkungan yang dihadapkan pada seseorang secara kebetulan; lingkungan-lingkungan itu kerap kali dipilih dan diubah oleh orang itu melalui perilakunya sendiri. Menurut Bandura, sebagaimana dikutip oleh (Kard, 1997:14) bahwa “sebagian besar insan mencar ilmu melalui pengamatan secara selektif dan mengingat tingkah laris orang lain”.

Inti dari pembelajaran sosial ialah pemodelan (modelling), dan pemodelan ini merupakan salah satu langkah paling penting dalam pembelajaran terpadu. Ada dua jenis pembelajaran melalui pengamatan, yaitu:
a. Pembelajaran melalui pengamatan sanggup terjadi melalui kondisi yang dialami orang lain. Contohnya: seorang pelajar melihat temannya dipuji dan ditegur oleh gurunya lantaran perbuatannya, maka ia kemudian menggandakan melaksanakan perbuatan lain yang tujuannya sama ingin dipuji oleh gurunya. Kejadian ini merupakan teladan dari penguatan melalui kebanggaan yang dialami orang lain.
b. Pembelajaran melalui pengamatan menggandakan sikap model meskipun model itu tidak mendapatkan penguatan positif atau penguatan negatif dikala mengamati itu sedang memperhatikan model itu, mendemonstrasikan sesuatu yang ingin dipelajari oleh pengamat tersebut dan mengharapkan menerima kebanggaan atau penguatan apabila menguasai secara tuntas apa yang dipelajari itu. Model tidak harus diperagakan oleh seseorang secara langsung, tetapi kita sanggup juga memakai seseorang pemeran atau visualisasi tiruan sebagai model (Nur, 1998.a: 4).

Pendekatan teori sosial terhadap proses perkembangan sosial dan moral siswa ditekankan pada perlunya conditioning (pembiasaan merespons) dan imitation (peniruan).
a. Conditioning. Prosedur mencar ilmu dalam menyebarkan sikap sosial dan moral intinya sama dengan mekanisme mencar ilmu dalam menyebarkan perilaku-perilaku lainnya, yakni dengan reward (ganjaran/memberi hadiah atau mengganjar) dan punishment (hukuman/memberi hukuman) untuk senantiasa berpikir dan memutuskan sikap sosial mana yang perlu ia perbuat.
b. Imitation. Proses imitasi atau peniruan. Dalam hal ini, orang renta dan guru seyogianya memainkan kiprah penting sebagai seorang model atau tokoh yang dijadikan teladan berperilaku sosial dan moral bagi siswa. Sebagai contoh, seorang siswa mengamati gurunya sendiri mendapatkan seorang tamu, kemudian menjawab salam, menjabat tangan, beramah tamah, dan seterusnya yang dilakukan guru tersebut diserap oleh memori siswa. Semakin piawai dan berwibawa seorang model, semakin tinggi pula kualitas imitasi sikap sosial dan moral siswa tersebut.

Mengimitasi model merupakan elemen paling penting dalam hal bagaimana si anak mencar ilmu bahasa, berhadapan dengan agresi, menyebarkan perasaan moral dan mencar ilmu sikap yang sesuai dengan gendernya. Analisis sikap terapan (applied behavior analysis) merupakan kombinasi dari pengkondisian dan modeling, yang sanggup membantu menghilangkan sikap yang tidak di inginkan dan memotivasi sikap yang diinginkan secara sosial. Definisi mencar ilmu pada asasnya ialah tahapan perubahan sikap siswa yang relatif positif dan menetap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Proses mencar ilmu sanggup diartikan sebagai tahapan perubahan sikap kognitif, afektif, dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa.

Menurut Bandura, mencar ilmu itu lebih baik dari sekedar perubahan prilaku. Belajar ialah pencapaian pengetahuan dan sikap yang didasrai oleh pengetahuan tersebut. Lewat teori observational leaning, Bandura beranggapan bahwa problem proses psikologi terlalu di anggap penting atau sebaliknya hanya ditelaah sebagian saja. Orang sanggup melibatkan diri dalam pikiran simbolik, orang cenderung untuk membimbing dirinya sendiri dalam belajar, yang penting ialah kemampuan seseorang untuk mengabstraksikan informasi dan sikap orang lain.

Prinsip mencar ilmu berdasarkan Bandura ialah perjuangan menjelaskan mencar ilmu dalam situasi alami, hal ini berbeda dengan situasi di laboratorium atau pada lingkungan social yang banyak memerlukan pengamatan wacana pola sikap beserta konsekuensinya. Kritik Bandura terhadap mencar ilmu itu sebagai korelasi antar stimulus dan respon adalah: (a) Kurang menjelaskan wacana diperolehnya respon yang baru. Dalam situasi alami berdasarkan Bandura, orang akan berbuat lebih banyak daripada sekedar menggandakan sikap yang telah ada. (b) Hanya mengamati direct learning (belajar langsung) yaitu orang berperilaku sesuatu dan mengalami akibatnya. Sebaliknya bandura menyampaikan bahwa seorang anak dalam korelasi pribadinya dengan orang dewasa, melalui interaksi anak dan orang tuanya, dengan persaan irinya dan sebagainya mengakibatkan anak menggandakan sikap tertentu.

Ciri utama Teori Bandura ialah metode observasi  dan modeling.Albert Bandura dan Richard Walters (1959, 1963) melaksanakan eksperimen pada belum dewasa yang juga berkenaan dengan peniruan. Hasil eksperimen mereka mendapati, bahwa peniruan sanggup berlaku hanya melalui pengamatan terhadap sikap model (orang yang ditiru) meskipun pengamatan itu tidak dilakukan terus menerus. Proses mencar ilmu semacam ini disebut “observational learning” atau pembelajaran melalui pengamatan.

Bandura (1971), kemudian menyarankan supaya teori pembelajaran sosial diperbaiki memandang teori pembelajaran sosial yang sebelumnya hanya mementingkan sikap tanpa mempertimbangan aspek mental seseorang. Menurut Bandura, perlakuan seseorang ialah hasil interaksi faktor dalam diri (kognitif) dan lingkungan. pandangan ini menjelaskan, dia telah mengemukakan teori pembelajaran peniruan, dalam teori ini dia telah menjalankan kajian bersama Walter (1963) terhadap perlakuan belum dewasa apabila mereka menonton orang remaja memukul, mengetuk dengan palu besi dan menumbuk sambil menjerit-jerit dalam video. Setelah menonton video belum dewasa ini diarah bermain di kamar permainan dan terdapat patung ibarat yang ditayangkan dalam video.

Setelah belum dewasa tersebut melihat patung tersebut, mereka menggandakan aksi-aksi yang dilakukan oleh orang yang mereka tonton dalam video. Berdasarkan teori ini terdapat beberapa cara peniruan yaitu menggandakan secara langsung. Contohnya guru membuat demostrasi cara membuat kapal terbang kertas dan pelajar menggandakan secara langsung. Seterusnya proses peniruan melalui teladan tingkah laku. Contohnya belum dewasa menggandakan tingkah laris bersorak dilapangan, jadi tingkah laris bersorak merupakan teladan sikap di lapangan.

Keadaan sebaliknya bila belum dewasa bersorak di dalam kelas sewaktu guru mengajar,semestinya guru akan memarahi dan memberi tahu tingkahlaku yang dilakukan tidak dibenarkan dalam keadaan tersebut, jadi tingkah laris tersebut menjadi teladan sikap dalam situasi tersebut. Proses peniruan yang seterusnya ialah elisitasi. Proses ini timbul apabila seseorang melihat perubahan pada orang lain. Contohnya seorang belum dewasa melihat temannya melukis bunga dan timbul cita-cita dalam diri belum dewasa tersebut untuk melukis bunga. Oleh lantaran itu, peniruan berlaku apabila belum dewasa tersebut melihat temannya melukis bunga.

Karakteristik yang ditonjolkan dalam pembelajaran modelling antara lain adalah: (1) Unsur pembelajaran utama ialah pemerhatian dan peniruan. (2) Tingkah laris model boleh dipelajari melalui bahasa, teladan, nilai dan lain-lain. (3) Pelajar menggandakan suatu kemampuan dari kecakapan yang didemonstrasikan guru sebagai model (4) Pelajar memperoleh kemampuan bila memperoleh kepuasan dan penguatan yang positif. (5) Proses pembelajaran mencakup perhatian, mengingat, peniruan, dengan tingkah laris atau timbal balik yang sesuai, diakhiri dengan penguatan yang positif.

Eksperimen Albert Bandura yang sangat populer ialah eksperimen Bobo Doll yang memperlihatkan belum dewasa menggandakan ibarat sikap bernafsu dari orang remaja disekitarnya. Albert Bandura seorang tokoh teori mencar ilmu sosial ini menyatakan bahwa proses pembelajaran sanggup dilaksanakan dengan lebih berkesan dengan memakai pendekatan permodelan. Beliau menjelaskan lagi bahwa aspek perhatian pelajar terhadap apa yang disampaikan atau dilakukan oleh guru dan aspek peniruan oleh pelajar akan sanggup memperlihatkan kesan yang optimum kepada pemahaman pelajar.

Aplikasi Teori Bandura
Contoh aplikasi teori mencar ilmu Bandura ialah ketika seorang anak mencar ilmu untuk mengendarai sepeda. Ditahap perhatian, si anak akan tertarik mengamati para pengendara sepeda dibanding dengan orang yang melaksanakan aktifitas lain yang dia anggap kurang menarik. Oleh lantaran itu, ia akan mengamati bagaimana seseorang mengayuh sepeda. Selanjutnya pada tahap penyimpanan dalam ingatan si anak akan tersimpan bahwa bersepeda itu menyenangkan dan suatu dikala bila waktunya sempurna ia akan meminta ayahnya untuk mengajarinya mengendarai sepeda. Semuanya itu kemudian dilaksanakan pada tahap reproduksi di mana si anak kemudian benar-benar mencar ilmu mengendarai sepeda bersama sang ayah. Ketika anak itu sudah berhasil, di sinilah kiprah sang ayah untuk memberi reward sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan sang anak sekaligus merupakan tahap motivasi.

Proses pembentukan sikap dari tidak suka mencar ilmu menjadi suka mencar ilmu sanggup dilakukan melalui banyak cara, diantaranya ialah dengan modeling. Kalau siapapun yang ada di rumah atau di ingkungan anak sudah terbiasa mencar ilmu semenjak kecil maka hal ini akan diobservasi oleh anak secara terus menerus dalam hidupnya. Kemudian anak ini difasilitasi dengan banyak media baik yang alami maupun buatan untuk mendorong minat belajarnya,misalnya berupa buku bacaan, buku tulis dan kelengkapannya, serta media cetak atau audio visual yang ditata secara menarik di rumah atau kelompok kelompok mencar ilmu yang ada. Orang renta atau guru atau pembimbing berperan ganda, sebagai model sekaligus sebagai pamong belajar.

Tanpa ada ancaman, hukuman, ketegangan, ketakutan akan membuat anak nyaman, tenang, untuk mencar ilmu dengan pamongnya. Dominansi kasih sayang, kelembutan, teladan yang nyata, kejujuran, kesantunan, pujian, penghargaan, senyuman akan sangat mendorong munculnya sikap yang diharapkan. Kesinambungan proses ibarat ini akan mengkristal dalam jiwa dan pikir anak sehingga menjadi sikap yang permanen dalam hidupnya. Tidak akan gampang lekang oleh waktu dan tuntutan zaman yang semakin tidak karuan.

Penerapan dalam pelajaran ekonomi dan akuntansi guru sanggup membawa para siswanya ke swalayan, pasar, toko, koperasi, bursa efek, bank, BMT, salon, dan lain lain yang terang ke sentra pusat perdagangan atau ekonomi. Di daerah ini siswa sanggup mencar ilmu menghitung laba, menarik minat konsumen untuk membeli barang atau jasa, mengemas barang sehingga menjadi terjangkau untuk dibeli masyarakat kelas menengah ke bawah, memberi bonus bagi pelanggan yang sempurna waktu membayar cicilan.

Penerapan dalam pelajaran sejarah guru sanggup membawa siswanya contohnya ke Gua Selarong untuk mengamati lokasi Pangeran Diponegoro bersembunyi dari kejaran Belanda yang menjajah Indonesia. Selain itu, mengamati tandu yang dipakai untuk mengusung Jendral Besar Sudirman dikala bergerilya dalam kondisi sakit paru paru. Sambil mengamati objek objek mencar ilmu tersebut guru sanggup memperlihatkan informasi yang pas untuk menumbuhkan rasa patriotisme atau memberi informasi penting wacana sejarah Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa.

Dengan metode observasi dan modeling yang menjadi ciri utama Teori Bandura siswa sanggup mencar ilmu sambil menikmati indahnya alam sekitar ciptaan Yang Maha Pencipta, siswa sanggup menghirup segarnya udara di luar kelas dengan sepuas puasnya. Siswa sanggup mengembalikan kebugaran fisiknya dengan mengamati banyak objek alami dan fenomena fenomena gres dibawah bimbingan gurunya. Siswa sanggup berdiskusi dan tubruk argumentasi sesudah menemukan banyak data di lapangan yang dituliskan dalam tabel pengamatan. Siswa sanggup menemukan sendiri pengetahuan gres (inquiry) sesudah mengamati dan berdiskusi serta pemanis informasi dari sobat dan gurunya. Mereka tidak akan mencicipi lelah atau terlalu usang mencar ilmu pribadi di alam atau mengamati pribadi objek mencar ilmu yang orisinil atau alami. Sekaligus guru sanggup memberi penilaian yang bekerjsama dari kemampuan para siswanya sesudah melihat, mendengar, mendiskusikan masalah, mengumpulkan data dan menarik kesimpulan bersama seluruh siswanya. Kondisi siswa yang ibarat ini penting untuk sanggup mengatasi kejenuhan fisik maupun psikis siswa dalam belajar, lantaran di metode mencar ilmu ini guru mengaitkan pribadi antara materi pelajaran dengan alam (yang mempunyai komponen biotik berupa makhluk hidup dan komponen abiotik berupa benda mati) atau kehidupan sehari hari.

Memang diharapkan persiapan dan ketangguhan profesi dari sang guru atau orangf renta baik berupa fisik maupun psikis dalam menerapkan konsep mencar ilmu ini. Hal ini disebabkan lantaran akan munculnya banyak kreatifitas dan kenyataan kenyataan gres dari konsep ilmu yang diperoleh siswa, yang berbeda jauh dengan teori yang ada di buku atau media mencar ilmu cetak maupun elektronik yang lain.

Guru akan menjadi sangat capek lantaran harus melayani banyaknya pertanyaan dan temuan temuan siswa yang mulai tumbuh pola berpikir analitik dan sintetiknya. Kemudian siswa akan terus memburu untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan ini,disini kemampuan guru ditantang untuk sanggup mengelola setiap permasalahan yang diajukan. Guru sanggup menghantarkan siswa untuk membuka buku buku sumber yang ada pada siswa atau di perpustakaan, membuka internet, memberi kesempatan diskusi pada kelompok, sebelum akhirnya kesimpulan yang benar akan diperoleh dibawah bimbingan guru.

Dari teladan contoh di atas terbukti sudah bahwa dengan aplikasi teori mencar ilmu Bandura sanggup membuat masyarakat mencar ilmu bagi seluruh siswa atau anak, menjadikan banyak pertanyaan, membuat siswa atau anak sanggup mengadakan refleksi, menemukan sendiri konsep konsep ilmu, guru sanggup mengadakan penilaian yang sesungguhnya dari kemampuan yang dimiliki setiap siswa atau anak, guru maupun siswa lain sanggup menjadi model mencar ilmu anak dan membiasakan berpikir konstruktif bagi siswa atau anak. Pada akhirnya diharapkan adanya perubahan sikap anak dari tidak suka mencar ilmu menjadi terbiasa belajar.






= Baca Juga =



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel