Kisi-Kisi Un (Unbk) Sosiologi Sma Kegiatan Ips Tahun 2019 Perbutir Soal
Berikut ini Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Sosiologi Sekolah Menengan Atas Program IPS Tahun 2019 Perbutir Soal menurut hasil bedah Kisi-kisi UN Sekolah Menengan Atas Tahun 2018/2019. Semoga pola prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Sosiologi Sekolah Menengan Atas Program IPS Tahun 2019 Perbutir Soal sanggup membantu para siswa Sekolah Menengan Atas dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang pada umumnya akan dilaksanakan dengan moda UNBK.
PERKIRAAAN KISI-KISI UN Sekolah Menengan Atas TAHUN 2019
(HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
Mata Pelajaran : Sosiologi
Program : IPS
No Urut. | Indikator Yang Diuji | |
1. KONSEP DAN OBJEK KAJIAN SOSIOLOGI | ||
1 | Menentukan teori sosiologi yang sempurna untuk mengkaji hubungan sosial dalam masyarakat | |
2 | Menentukan ciri sosiologi menurut kegiatan upaya masyarakat dlm menyebarkan ilmu pengetahuan | |
3 | Menentukan jenis nilai sesuai dengan gambar pelaksanaan nilai dalam masyarakat | |
4 | Menentukan jenis norma yang terkait pada penyimpangan tertentu di masyarakat | |
2. KEHIDUPAN SOSIAL, PERMASALAHAN DAN SOLUSINYA | ||
5 | Menganalisis dampak hubungan sosial dr penggunaan alat komunikasi dlm interaksi sosial | |
6 | Menentukan faktor yg mempengaruhi interaksi tindakan masyarakat melaksanakan interaksi sosial | |
7 | Menentukan pola sosialisasi yang sempurna pada anak dg abjad yang spesifik | |
8 | Menentukan faktor penyebab terjadinya penyimpangan dalam kondisi tertentu | |
9 | Membandingkan efektifitas pengendalian sosial disertai alasannya. | |
10 | Menentukan dasar/sifat pelapisan dr gambar pelapisan sosial dg karakteristik tertentu | |
11 | Menentukan pola masyarakat yg menganut sesuai ciri tg pelapisan sosial dg ciri tertentu | |
12 | Menganalisis penghargaan pd status terkait sifat pelapisan sosial status individu | |
13 | Mengidentifikasi kelompok tertentu menurut ciri-ciri kelompok sosial | |
14 | Menentukan faktor penyebab kemajemukan diferensiasi/kemajemukan dalam masyarakat | |
15 | Memprediksi tanggapan dari hubungan tersebut terhadap keharmonisan masyarakat | |
16 | Memecahkan problem yang ditimbulkan tanggapan permasalahan yang berpotensi konflik | |
17 | Menyimpulkan bentuk mobilitas sosialnya menurut gambar. | |
18 | Menganalisis hubungan antara mobilitas dengan konflik sosial. | |
19 | Menjelaskan penyebab terjadinya konflik antarindividu/kelompok | |
20 | Mengidentifikasi jenis konflik | |
21 | Memecahkan problem dari konflik dengan ciri tertentu | |
22 | Menentukan hubungan antara fungsi/peran forum sosial dengan upaya membuat tertib sosial. | |
23 | Menentukan fungsi forum pendidikan menurut gambar yang ada. | |
24 | Menentukan ciri-ciri forum sosial dalam memenuhi kebutuhan khususnya | |
25 | Menentukan pelaksanaan fungsi forum keluarga dalam aktivitas | |
26 | Menganalisis fungsi/peran forum pendidikan dengan tujuan tertentu | |
27 | Mengidentifikasi Fungsi forum tertentu (agama/ekonomi/politik) | |
28 | Mengidentifikasi acara sebagai ciri-ciri masyarakat tertentu. | |
3. MASYARAKAT MULTIKULTURAL, PERUBAHAN SOSIAL, DAN GLOBALISASI | ||
29 | Mengidentifikasi kegiatan sebagai wujud multikultural. | |
30 | Menyimpulkan pentingnya tindakan yang menjunjung sikap multikultural. | |
31 | Memprediksi tanggapan yang timbul dimasa mendatang dr karakteristik masyarakat multikultural | |
32 | Menganalisis keuntungan/kerugian sikap primordialisme/etnosentrisme dalam masyarakat. | |
33 | Menganalisis pentingnya integrasi dalam membuat harmoni social. | |
34 | Menentukan solusi terkait upaya menjaga keutuhan NKRI. | |
35 | Menentukan pola sikap yang mendorong terbentuknya keharmonisan sosial | |
36 | Menentukan pola dalam masyarakat dr proses perubahan sosial sesuai bagan/gambar | |
37 | Mengidentifikasi bentuk perubahan sesuai dengan contoh. | |
38 | Menganalisis faktor penyebab perubahan bidang tertentu | |
39 | Memprediksi perubahan dalam masyarakat tanggapan inovasi gres sesuai bagan | |
40 | Membandingkan pentingnya sikap modernisasi dari pada westernisasi. | |
41 | Mengidentifikasi perubahan tersebut sebagai dampak globalisasi dlm masyarakat. | |
42 | Menentukan dampak negatif globalisasi yang timbul dalam masyarakat | |
43 | Menganalisis pentingnya kearifan lokal dalam menghadapi arus globalisasi. | |
4. PENELITIAN SOSIAL | ||
44 | Menyimpulkan jenis penelitian sesuai ilustrasi. | |
45 | Menentukan tujuan terkait syarat menentukan topik yang baik. | |
46 | Merumuskan problem yang sempurna sesuai dengan judul. | |
47 | Menyimpulkan jenis data menurut gambar | |
48 | Membandingkan kelebihan dua teknik berbeda pada populasi dengan karakteristik tertentu | |
49 | Menentukan makna data dalam tabel dikaitkan permasalahan yang ada dalam masyarakat. | |
50 | Menentukan manfaat hasil penelitian bagi peneliti/masyarakat/pemerintah beserta alasannya. |
Link download Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Sosiologi Sekolah Menengan Atas Program IPS Tahun 2019 Perbutir Soal.
Demikian gosip wacana Prakiraan Kisi-Kisi UN (UNBK) Sosiologi Sekolah Menengan Atas Program IPS Tahun 2019 Perbutir Soal hasil bedah kisi-kisi UN Sekolah Menengan Atas Tahun Pelajaran 2018/2019 Semoga bermanfaat, terima kasih.